Berdasarkan visi misi Prodi TP “Unggul dan kukuh dalam keilmuan Teknologi Pendidikan” maka prodi Teknologi Pendidikan menetapkan profil lulusan berdasarkan kebutuhan yaitu (1) pengembang teknologi pendidikan, (2) analis pendidikan dan pelatihan. Dalam pencapaian profil lulusan, prodi TP menetapkan capaian pembelajaran (learning outcome) program studi. Selanjutnya diturunkan pada capaian pembelajaran setiap mata kuliah dan diterjemahkan kedalam bentuk kompetensi serta penciri prodi pada komptensi pendukung dan kompetensi lainnya.

Capaian Pembelajaran (Standar Kompetensi Lulusan) Program Studi


Ranah Sikap

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, dan profesi di lingkungan Universitas Negeri Surabaya harus memiliki sikap sebagai berikut.

  • Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh” dalam perilaku keseharian
  • Mempunyaiketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik. (khusus untuk prodi kependidikan)

Ranah Keterampilan Umum
Program Sarjana (S1) di lingkungan Universitas Negeri Surabaya wajib memiliki ketrampilan umum sebagai berikut.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya

  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  • Mampu mengaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan serta mencegah plagiasi


Pengetahuan

  • Konsep teoretis pendidikan secara umum
  • Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam
  • Konsep teoretis pembelajaran; Khususnya desain, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran
  • Konsep umum dan pengetahuan operasional model dan strategi pembelajaran inovatif
  • Konsep umum dan pengetahuan operasional media pembelajaran dan sumber belajar
  • Konsep umum dan pengetahuan operasional penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan
  • Konsep umum dan pengetahuan operasional metodologi penelitian dalam bidang teknologi pendidikan
  • Wawasan etika pofesi teknologi pendidikan


Keterampilan Khusus

  • Menganalisis konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam;
  • Menyelesaian masalah prosedural khususnya dalam bidang teknologi pendidikan
  • Menerapkan konsep teoretis pembelajaran, yang meliputi kemampuan
  • Mendesain program pembejalaran
  • Merencanakan proses pembelajaran
  • Melaksanakan proses pembelajaran
  • Menerapkan model dan strategi pembelajaran inovatif
  • Menggunakan dan mengembangkan, media pembelajaran dan sumber belajar
  • Menyusun dan melakukan penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan
  • Melakukan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan
  • Menerapkan etika profesi teknologi pendidikan