24 April 2024


Dua Asesor LAM-PTKes melakukan asesmen lapangan pembukaan prodi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Fakultas Kedokteran UNESA
Unesa.ac.id., SURABAYA—Pembukaan program studi (prodi) baru Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Surabaya memasuki tahapan asesmen oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) pada Selasa, 23 April 2024.
Tim asesor LAM-PTKes yang terdiri dari Dr. Debie Dahlia, S.Kp., MHSM, dan Dr. Yektiningtyastuti, S.Kp, M.Kep, Sp.Mat. disambut jajaran pimpinan universitas dan FK di Auditorium, lantai 9 Gedung FK Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Prof. Dr. Madlazim, M.Si., menyampaikan tujuan kampus 'Rumah Para Juara' membuka beberapa prodi baru di bawah naungan FK yang tidak lain untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang kesehatan.
Jajaran pimpinan Universitas Negeri Surabaya dan pimpinan FK sambut tim asesor LAM-PTKes terkait pembukaan prodi baru FK.
"Pertumbuhan penduduk Indonesia tidak dibarengi dengan penambahan kuantitas maupun kualitas tenaga kesehatan atau tenaga medis. Tingginya rasio kebutuhan tenaga kesehatan inilah yang menjadi semangat kami membuka prodi kesehatan dan profesi," ucap guru besar FMIPA itu.
Dekan FK, Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M. Kes., menuturkan, persiapan pembukaan prodi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners sudah disiapkan jauh-jauh hari, termasuk infrastruktur, sumber daya manusia baik itu dosen, tenaga kependidikan, hingga sarana prasarananya.
Prodi baru ini tidak hanya menawarkan keunggulan dalam bidang keperawatan konvensional, melainkan juga mengakomodasi aspek keperawatan bidang keolahragaan.
Tim asesor LAM-PTKes bersama seluruh jajaran pimpinan dan SDM Fakultas Kedokteran (FK) UNESA
"Sesuai dengan peraturan yang ada, program ini diposisikan sebagai garda terdepan dalam kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif terkait cedera olahraga," ucapnya.
Komitmen UNESA yaitu mendukung pembangunan kesehatan Indonesia, memberikan kontribusi terhadap kebutuhan ners di tanah air, serta prioritas dalam mencapai keunggulan di bidang keolahragaan menjadi alasan kuat di balik terbentuknya prodi baru tersebut.
Prodi baru ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait, seperti KONI Jawa Timur, AIPNI Regional IX Jawa Timur, PPNI Provinsi Jawa Timur, hingga Wali Kota Surabaya. “Prodi Sarjana Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners tidak hanya menjanjikan lulusan berkualitas, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan dan keselamatan para olahragawan,” ujar dekan FK. []
***
Reporter: Prismacintya Rachmatika (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi Tim Humas